Music News and Release

Rekomendasi Drum Elektrik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)

Sabtu, 26 September 2020
Aidha Savitri - NusantaraVBC.com

Drum elektrik menjadi pilihan yang tepat untuk seorang drummer pemula. Hal ini karena kamu dapat mengatur volume suara yang dikeluarkan sehingga bisa berlatih tanpa menggangguloh guys. Drum elektrik juga menjadi alat latihan yang sempurna karena tidak membutuhkan ruang luas untuk dimainkan. Kali ini, mimin akan memperkenalkan kepada kamu hal yang harus diperhatikan saat memilih drum elektrik. Simak dan temukan drum elektrik yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan kamu ya guys!.

Cara memilih drum elektrik untuk pemula, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar dapat menemukan drum elektrik yang tepat. Silakan simak dan temukan material yang tepat!

A. Pilihlah drum elektrik berdasarkan jenis material pad Feel dan tingkat keheningan pada setiap drum berbeda-beda tergantung dari material pembuat pad-nya. Mari lihat berbagai material pad yang umum digunakan berikut ini.

- Rubber pad, tahan lama dengan harga terjangkau
Rubber pad memiliki tingkat ketahanan yang baik dengan harga terjangkau. Pad jenis ini direkomendasikan jika kamu memiliki budget yang terbatas. Karena dikenal tahan lama, kamu tidak perlu khawatir harus sering mengeluarkan uang untuk mengganti pad. Di sisi lain, rubber pad memiliki suara yang berisik. Kemudian, pad-nya juga sulit memantul dengan kuat. Maka dari itu, feel memukul drum elektrik dari pad jenis ini tidak mirip dengan drum akustik. Jika kamu mencari drum elektrik dengan sensasi menabuh seperti drum elektrik, mimin tidak merekomendasikan pad jenis ini nih guys.

- Mesh pad, suara tenang dengan sensasi seperti bermain drum akustik
Mencari pad yang menghasilkan suara lebih tenang? mimin menyarankan kamu memilih mesh pad. Tidak hanya itu, kamu juga dapat berlatih dengan sensasi seperti bermain drum akustik. Memiliki kualitas yang lebih baik, mesh pad dijual dengan harga yang lebih mahal daripada rubber pad. Ada juga pad jenis ini yang daya pantulnya dapat disesuaikan. Dengan begitu, kamu dapat mengatur agar suara pad-nya terdengar lebih natural.

- Silicon pad, bermain dengan feel yang lebih dalam
Jika kamu ingin menikmati sensasi bermain dengan feel yang lebih dalam, pilihlah jenis silicon pad. Dibandingkan dengan jenis pad sebelumnya, silicon pad memiliki feel yang lebih realistis. Namun, tingkat ketenangan suaranya tidak sebaik mesh pad. Kemudian, jenis pad ini memiliki harga yang cenderung mahal. Jika kamu masih ragu-ragu membeli jenis drum yang mana, jenis ini tidak direkomendasikan ya guys!.

- Pilihlah produk dengan sumber suara drum dan perkusi yang lebih bervariasi
Salah satu faktor penting untuk meningkatkan skill bermain kamu adalah dengan mengetahui beragam perbedaan suara. Drum memiliki suara yang bervariasi, tergantung letak pukulan dan tingkat kekuatan saat menabuh. Dibandingkan dengan drum akustik, drum elektrik memang tidak menghasilkan nuansa suara yang begitu halus. Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan, pilihlah drum dengan source suara yang lebih bervariasi, terutama jenis suara drum akustiknya. Dengan begitu, kamu dapat bermain lebih ekspresif dengan nuansa yang lebih nyata. Hal-hal tersebut akan membantu kamu saat memainkan drum akustik.

- Lihat jenis pedal yang digunakan pada drum elektrik
Ada dua jenis pedal pada drum elektrik, yakni silent kick pedal yang dioperasikan secara khusus. Kemudian, jenis lainnya adalah kick pad-pedal yang cara kerjanya mirip dengan pedal yang digunakan pada drum akustik. Masing-masing dari pedal ini memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Kick pad-pedal menawarkan sensasi bermain yang lebih real. Menggunakan pedal ini, kamu dapat merasakan sensasi seperti bermain pada drum akustik. Di sisi lain, silent kick pedal bisa menjadi pilihan saat kamu menginginkan suara yang tidak terlalu berisik. Meskipun demikian, kamu masih bisa mendengar dentuman suara pedalnya. Pedal jenis ini direkomendasikan jika kamu hendak berlatih tanpa harus mengganggu lingkungan sekitar.

- Lihat juga fitur lainnya yang membantu latihan
Saat memilih drum elektrik, jangan lupa mengecek fitur lainnya yang dapat membantu kamu berlatih ya guys. Beberapa produk dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti musik pengiring latihan dari instrumen lainnya. Dengan begitu, permainan drum pun tidak terdengar kosong. Musik ini biasanya diputar melalui pemutar musik portabel yang terhubung dengan terminal pada perangkat drum elektrik. Kemudian, ada juga model lainnya yang dilengkapi fitur headphone yang terkoneksi dengan drum elektrik. Lewat headphone tersebut kamu dapat berlatih tanpa berisik. Bisa juga mendengarkan tempo dari metronom agar permainan kamu lebih stabil. Fitur tambahan lainnya adalah lagu atau mode latihan. Untuk seorang pemula, fitur-fitur ini tentu sangat membantu dalam meningkatkan kualitas permainan. Jadi, jangan lupa untuk mengeceknya ya guys!!

- Periksalah komponen lain yang bisa ditambahkan untuk meningkatkan skill kamu ya!!
Jangan lupa untuk memeriksa juga apakah perangkat drum elektrik dapat ditambahkan dengan komponen latihan lainnya atau tidak. Beberapa produk dapat menambahkan komponen ekstra, seperti double pedal atau pad dengan suara yang berbeda. Hal ini dapat membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan bermain drum. Seorang pemula akan kesulitan bermain dengan menggunakan banyak pad sehingga kamu bisa menambahkannya secara bertahap. Dengan begitu, seiring berjalannya waktu, kamu bisa bermain menggunakan banyak pad dan skill kamu pun meningkat. Jadi, pastikan untuk memeriksanya juga, ya!

Nahh!! itu dia tips rekomendasi dari mimin nih kalo kalian mau jago dalam bermain drum elektrik, semoga informasi yang mimin sampaikan berguna ya untuk muu. Thank you!!

Source : https://my-best.id/

Copyright © All rights reserved
Colorlib