Music News and Release

Sudahkah Kalian Tahu, Bagaimana Sih Perkembangan Musik Rock?

Jumat, 25 September 2020
Aidha Savitri - NusantaraVBC.com

Haloo guyss, siapa sih yang ga kenal musik rock? Musik rock (bahasa Inggris: rock) adalah genre musik populer yang mulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun '50-an. Akarnya berasal dari rhythm and blues, music country dari tahun '40 dan '50-an serta berbagai pengaruh lainnya. Selanjutnya, musik rok juga mengambil gaya dari berbagai musik lainnya, termasuk musik rakyat (folk music), jazz dan musik klasik. Bunyi khas dari musik rok sering berkisar sekitar gitar listrik atau gitar akustik, dan penggunaan back beat yang sangat kentara pada rhythm section dengan gitar bass dan drum, dan keyboard seperti organ, piano atau sejak '70-an, synthesizer. Di samping gitar atau kibor, saksofon dan harmonika bergaya blues kadang digunakan sebagai instrumen musik solo. Dalam bentuk murninya, musik rok "mempunyai tiga chords loh guys, backbeat yang konsisten dan mencolok dan melodi yang menarik".

Pada akhir tahun '60-an dan awal '70-an, musik rok berkembang menjadi beberapa jenis. Yang bercampur dengan musik folk (musik daerah di Amerika) menjadi folk rock, dengan blues menjadi blues-rock dan dengan jazz, menjadi jazz-rock fusion. Pada tahun '70-an, rock menggabungkan pengaruh dari soul, funk, dan musik latin nih guys. Juga pada tahun '70-an, rock berkembang menjadi berbagai subgenre (subkategori) seperti soft rock, glam rock, heavy metal, hard rock, progressive rock, dan punk rock. Subkategori rock yang mencuat pada tahun '80-an termasuk New Wave, hardcore punk, dan alternative rock. Pada tahun '90-an terdapat grunge, Britpop, indie rock dan nu metal. Sebuah kelompok pemusik yang mengkhususkan diri memainkan musik rok dijuluki rock band atau rock group (grup musik rok). Rock group banyak yang terdiri dari pemain gitar, penyanyi utama (lead singer), pemain gitar bass, dan drummer (pemain drum), membentuk sebuah quartet. Beberapa group menanggalkan satu atau dua posisi di atas dan/atau menggunakan pennyanyi utama sebagai pemain alat musik di samping menyanyi, membentuk duo atau trio. Grup lainnya memiliki pemusik tambahan seperti dua rhythm gitar dan atau seorang keyboardist (pemain keyboard). Agak lebih jarang, penggunaan alat musik bersenar seperti biola, cello, atau alat tiup seperti saksofon, trompet, atau trombon.
Ciri-ciri Musik rock
1. Wilayah nadanya luas dari nada rendah sampai nada tinggi 2. Kekuatan musik terletak pada dinamika aransemen 3. Lagu kadang sulit disenandungkan 4. Lirik lagu cenderung ekpresif 5. Tempo bisa lambat bisa cepat 6. Harmoni bisa sangat rumit 7. Beatnya cenderung keras

Jenis-jenis Musik Rock

1. Progresive Rock, jenis musik rock yg mulai berkembang pada akhir dekade 60’an dan mencapai masa jayanya di tahun 70’an. Jenis musik rock ini, menggabungkan elemen-elemen dari musik Rock, Jazz, dan Klasik.

2. Alternative Rock, aliran musik rock yg muncul pada tahun 80’an dan menjadi sangat populer pada tahun 90’an.

3. Hard Rock, subgenre musik rock yg berakar dari aliran musik Psychedelic Rock dan Garage Rock, yg berasal pada pertengahan tahun 60’an. Ciri khas musik ini adalah penambahan efek distorsi pada suara gitar listrik, bass, dan drum. Distorsi antara lain ditambahkan dengan bantuan pedal efek, penguat awal (preamp), dan pengeras suara.

4. Punk Rock, gerakan musik rock Anti-Establishment yg berasal dari Amerika Serikat, Australia, dan Inggris sekitar tahun 70’an. Musik ini dipelopori oleh kelompok-kelompok seperti Ramones, Sex Pistols, The Damned, dan The Clash.

5. Heave Metal, sebuah aliran musik rock yg berkembang pada tahun 70’an. Aliran musik ini mengutamakan gitar yg cukup banyak.

6. Speed Metal, genre musik yg muncul di akhir tahun 70’an dan merupakan pendahulu dari aliran musik Trash Metal. Speed Metal merupakan versi lebih cepat dari musik yg dimainkan oleh Black Sabbath, Led Zeppelin, dan Deep Purple. Musik ini mulai terkenal lewat band-band NWOBHM (New Wave of British Heave Metal). Banyak band Speed Metal juga dapat disebut band Trash Metal dan Power Metal.

7. Trash Metal, sebuah Extreme Metal subgenre dari Heave Metal yg berciri memiliki tempo yg cepat dan agresiv. Lagu-lagu Trash Metal biasanya menggunakan stem gitar nada rendah dan perkusi yg cepat.

8. Grincore, gabungan dari beberapa musik ekstrim, inspirasinya dimulai dari beberapa genre musik populer yg sangat cepat (seperti mengasah). Aliran musik ini, seperti gabungan antara genre Extreme Metal, dan Hardcore-Punk.

9. Death Metal, sebuah subgenre dari musik Heave Metal yg berkembang dari Trash Metal pada awal tahun 80’an. Beberapa ciri khasnya adalah lirik lagu yg bertemakan kekerasan atau kematian, ritme gitar rendah (downtuned rhythm guitars), perkusi yg cepat, dan intensitas dinamis. Vokal biasanya dinyanyikan dengan gerutuan (death grunt) atau geraman (death grawl). Teknik menyanyi seperti ini juga sering disebut “Coockie Monster Vocals”.

10.Black Metal, diawali oleh band Venom pada tahun 80’an lewat album berjudul “Black Metal”. Lalu diikuti oleh band-band seperti Bathory, Mahyem, Mercyfull Fate, dan Hellhammer/ Celtic Frost. Semua band ini ter-influence oleh Venom. Band Black Metal cenderung bermain Trash Metal. Pada awal tahun 80’an sampai 90’an, Black Metal sangat berkembang di daerah Skandinavia oleh band di atas tadi. Jenis musik metal ini juga termasuk jenis Metal Underground. Pada masa-masa kejayaannya, aliran musik Black Metal mempunyai komunitas bernama NZBM (Neo Nazi Black Metal). Komunitas tersebut termasuk yg berpengaruh di komunitas Metal Underground.

Wah ternyata sejarah dari musik rock itu panjang juga ya guys!! hhmm semoga untuk artikel kali ini bermanfaat deh untuk kalian para pecinta musik ^^

Source : http://suaranadaku.blogspot.com/

Copyright © All rights reserved
Colorlib