Music News and Release

Jenis Ketukan dan Style Pada Drum

Jumat, 25 September 2020
Aidha Savitri - NusantaraVBC.com

Halo guys! Jenis atau aliran musik di dunia ada sangat banyak jenisnya loh. Mulai dari musik modern sampai musik klasik. Dari musik populer sampai musik tradisional dari setiap negara yang ada di dunia. Dalam artikel ini kalian dapat mengetahui jenis musik apa saja sih yang umumnya dimainkan oleh pemain drum dalam profesinya. Unsur drum sangat penting karena setiap aliran musik ini memiliki ketukan drum yang berbeda dan menjadi ciri khas loh guys. Sehingga walau baru drum saja yang dimainkan tanpa alat musik lain maka pendengar sudah dapat mengetahui jenis musik apa yang akan mereka dengar. Artikel ini juga akan membahas style yang sering ditemui dan dimainkan oleh seorang drummer. Yuk simak pembahasannya nih guys

Style Drum


1. Style Pop / Rock Jenis ketukan ini adalah ketukan drum paling umum dimainkan nih guys. Pola ketukan ini juga menjadi dasar dalam permainan drum. Karena jenis musik ini juga paling banyak tersebar di seluruh dunia sehingga penguasaan style ini menjadi dasar bagi drummer. Dalam beberapa modul latihan drum ketukan ini diberi judul pola dasar atau basic pattern tetapi juga seringkali disebut sebagai basic rock. Sehingga dalam bermain drum, style pop dan rock seringkali disatukan pembelajarannya. Yang harus kalian ingat adalah perbedaan permainan antara pop dan rock adalah dari power pukulan loh guys.

Musik rock membutuhkan power yang lebih kuat dibanding pop karena musik rock membawa pesan lagu yang energik, powerfull dengan lirik cadas atau nada tinggi. Sehingga power kalian sangat penting untuk menunjang pesan dari lagu-lagu rock. Sedangkan pop biasanya sedikit lebih halus dan power tidak sekencang rock. Tetapi harus kalian ingat nih bahwa dalam bermusik kalian akan seringkali memainkan musik lintas genre, sehingga kalian harus mampu untuk fleksibel dalam bermain.

Yuk kita bedah ada apa saja dalam ketukan pop/rock ini. Biasanya lagu pop menggunakan birama 4/4 dengan bass drum pada hitungan ke 1 dan 3 dan snare biasanya jatuh di hitungan ke 2 dan 4. Pola hihat menggunakan not pecahan 1/8 sehingga setiap satu hitungan terdapat dua ketuk hihat. Dari pola dasar ini kalian dapat mengembangkan beberapa variasi ketukan loh. Misalnya pada setiap hitungan ke 1 kalian memainkan bass drum dengan pecahan 1/8 mengikuti ketukan hihat yang menggunakan not 1/8 juga, sehingga setiap bertemu hitungan 1 akan ada dua kali bass drum berurutan sesuai kaidah pecahan not 1/8. Variasi ini dapat berbeda-beda menyesuaikan kebutuhan lagu dan konsep bermusik yang grup musik kalian mainkan nih guys.

2. Style disco

Style ini merupakan sebuah style klasik yang berkembang pada periode 1970-an. Style ini awalnya dimainkan di lantai dansa di Amerika Serikat. Dalam perkembangannya style ini meluas ke mancanegara dan menjadi style yang umum dimainkan untuk menaikkan mood berdansa atau bergoyang. Ciri khas ketukan ini adalah pada hitungan ke dua dan ke empat bass drum, snare drum, dan hihat dimainkan bersamaan. Ciri khas kedua adalah pada setiap hitungan “and”, hihat cymbal diberikan aksen (perhatikan tanda > di atas not). Aksen ini maksudnya adalah dimainkan lebih kencang suaranya dari not lainnya yang berfungsi untuk penekanan. Aksen ini juga pada pengembangannya diganti dengan membuka hihat pada setiap hitungan “and”.

3. Style Reggae

Salah satu jenis aliran atau style musik yang cukup unik adalah style reggae nih guys. Musik ini berasal dari Jamaika dengan ikonnya adalah Bob Marley. Musik ini bernuansa santai, menenangkan, penuh persahabatan untuk bergoyang bersama loh guys. Musik ini memiliki ambience seperti suasana di pinggir pantai sambil bernyanyi bersama. Ciri khasnya adalah gitar yang tidak terlalu dominan tanpa banyak menggunakan efek tetapi dengan iringan bass gitar yang menebalkan nuansa serta ketukan drum yang menggunakan sound dengan karakter suara snare yang di tune cukup tinggi sehingga suara snare drum dalam musik reggae biasanya terdengar khas nih guys.

Seringkali drum ditemani oleh perkusi seperti djimbe atau perkusi lainnya sehingga menambah ramai nuansanya. Ciri khas style drum dalam musik reggae adalah ketukan drum menggunakan hihat dengan not 1/4, jadi setiap hitungan 1, 2, 3, 4 kalian memainkan satu ketukan hihat. Ciri khas lainnya dan menjadi penanda style ini adalah jatuhnya bass drum di setiap hitungan ke 3. Variasi lain seperti snare atau crash cymbal biasanya jatuh di hitungan ke 1. Tetapi tetap setiap bertemu hitungan ke 3 selalu ada bass drum yang dimainkan. Inilah yang menjadi ciri khas style drum reggae nih guys

4. Style Swing Jazz

Style jazz adalah aliran musik yang umum dimainkan pada drum. Style ini pertama kali ditemukan pada tahun 1930 dan populer awalnya dimainkan oleh komunitas kulit hitam di Amerika pada waktu itu loh!! Dimana kondisi kulit hitam pada saat itu sedang mengalami perbudakan dan diskriminasi. Mereka meluapkan rasa kebebasan dan pergulatan hidup lewat musik jazz. Karena filosofi jazz adalah kebebasan maka memainkannya pun menggunakan “rasa” dan prinsip kebebasan nih guys.

Dalam musik jazz banyak sekali unsur improvisasi. Tetapi dalam berimprovisasi ini tetap tidak keluar dari koridor bermain. Drum memiliki peran yang penting karena drum menentukan rasa jazz terutama ‘rasa” swing. Swing berarti “mengayun” sehingga dalam bermain menggunakan rasa berayun seperti orang berjalan. Karena itu dalam jazz dikenal juga istilah “walking” pada alat musik bass. Sehingga bisa disimpulkan bahwa musik jazz seperti kehidupan dimana setiap orang bebas berbicara, dan berjalan sambil berkreasi tetapi tetap tidak keluar dari koridor kemanusiaan.

Bermain drum style jazz yang dominan dimainkan adalah ride cymbal. Hitungan 1 menggunakan not 1/4 pada ride lalu pada hitungan ke dua ride dimainkan dengan pecahan 1/8 triplet. Triplet artinya dalam satu hitungan terdapat tiga not. Pada triplet ini cara membacanya adalah one tri plet, two tri plet dan seterusnya. Jadi pada hitungan ke dua dibaca menjadi two tri plet. Nah dasar style swing jazz ini pada hitungan ke dua yaitu two tri plet terdapat istirahat pada “tri”. Sehingga hitungan swing cara membacanya adalah one, two “let”, three, four “let”, kembali lagi ke hitungan satu. Pola ini berulang-ulang sehingga membentuk style swing jazz yang khas.

Demikian sedikit bahasan mengenai syle musik yang umum dimainkan pada drum. Dengan bekal style ini kamu akan lebih aman dan fleksibel untuk memainkan berbagai macam genre. Kesempatan untuk bekerja sama dengan musisi lain dari berbagai macam genre akan lebih terbuka bagi kamu yang mampu memainkan bermacam jenis style musik. Jangan pernah lelah untuk mempelajari jenis-jenis musik lainnya ya karena musik di dunia ini sangat banyak dan bervariasi.

Source : tambahpinter.com

Copyright © All rights reserved
Colorlib